PROGRAM
SEMESTER
Satuan Pendidikan :
MADRASAH ALIYAH
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas / Semester :
XII / Ganjil
Tahun Pelajaran :
2011- 2012
NO
|
No SK/KD
|
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
KKM
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||||||
TM
|
NTM
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
1
|
Memahami keteladanan dakwah
Rasulullah dalam membina umat
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
1.1
|
Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekah dan Madinah
|
2
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1.2
|
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada
periode Mekah dan Madinah
|
2
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1.3
|
Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan
Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah
|
2
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1.4
|
Mengambil ibrah dari perjuangan
Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah
untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
|
4
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan Harian ke 1
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
2
|
Memahami masalah kepemimpinan
umat Islam pasca Nabi wafat
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2.1
|
Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaur
Rasyidin
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2.2
|
Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2.3
|
Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk kepentingan
masa kini dan yang akan datang
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan Harian ke 2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
3
|
Memahami perkembangan Islam
periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam pada periode klasik
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3
|
Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk
kepentingan masa kini dan yang akan datang
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4
|
Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada
periode klasik
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan Harian ke 3
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
4
|
Memahami perkembangan Islam
pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
4.2
|
Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
4.3
|
Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada periode
pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan Harian ke 4
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Remidial
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mid Semester
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan Umum
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pencapaian
Target Kurikulum Setiap Bulan %
|
Ren (%)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelak (%)
|
Prosem
memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian
penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran
efektif IAA yang ada pada prota.
Keterangan : RUMUS
:
TM : Tatap Muka
NTM : Non Tatap Muka
TK :
Target Kurikulum
Ren : Rencana
Pelak :
Pelaksanaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar