Rabu, 20 Maret 2013

SILABUS SKI MADRASAH ALIYAH


                                                                 S I L A B U S 

Nama Sekolah                                     :  MADRASAH ALIYAH
Mata Pelajaran                                  :  S K I ( Sejarah Kebudayaan Islam )
Kelas/Semester                                   :  XII / Ganjil
Standar Kompetensi Lulusan         :  Memahami sejarah dakwah Nabi Muhammad S.A.W., kepemimpinan Khulafaur Rosyidin, 
                                                             perkembangan Islam pada masa klasik (Islam zaman keemasan), perkembangan Islam pada masa 
                                                             modern, perkembangan Islam di Indonesia dan dunia. 

Standar Kompetensi ( 1 )                  : Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat


Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran


Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ bahan/ Alat
1.1.  Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekah dan Madinah
§  Sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah
§  Sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah
·      Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah dan periode Madinah
·      Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah dan periode Madinah
·      Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Mekkah dan periode Madinah.
1.1.1           Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Mekah
1.1.2           Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Madinah
1.1.3           Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah
1.1.4           Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.
1.1.5           Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Mekah
1.1.6           Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

Tes subjektif
4 X 45
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   Dll
1.2.Mendeskrip sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah
§  Substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah

§  Substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah
·      Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW  serta reaksi (negatif) masyarakat terhadap strategi dakwah beliau pada periode Makkah dan Madinah
·      Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan strategi dakwah  Rasulullah, serta reaksi (negatif) masyarakat pada periode Makkah dan Madinah.
·      Secara individu, membuat essai singkat dari hasil diskusi.
1.2.1           Mengidentifikasi substansi dakwah Rasullullah SAW  periode Makkah
1.2.2           Menjelaskan  strategi dakwah Rasullullah SAW  periode Makkah
1.2.3           Mengidentifikasi substansi dakwah Rasullullah SAW  periode Madinah
1.2.4           Menjelaskan  strategi dakwah Rasullullah SAW  periode Madinah
1.2.5           Menunjukkan reaksi (negatif) masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah periode Mekah
1.2.6           Menunjukkan reaksi (negatif) masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian



Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 X 45
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll
1.3.Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah
§  Hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah
§  Hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah
·      Mengkaji beberapa sumber atau literatur tentang hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan periode Madinah
·      Menganalisis hasil kajian, sehingga ditemukan klasifikasi hasil-hasil perjuangan Rasulullah ke dalam beberapa aspek/bidang
1.3.1           Mengklasifikasikan hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah
1.3.2           Mengklasifikasikan hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 X 45
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll
1.4. Mengambil ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.

§  Ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
§  Ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
§  Mendiskusikan dalam kelompok untuk menemukan ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
·      Presentasi hasil diskusi kelompok tentang ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·      Secara individu, membuat essai singkat dari hasil diskusi.

            Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
            Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 X 45
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll











Standar Kompetensi ( 2 )                  : Memahami masalah kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ bahan/ Alat
2.1    Menceritakan model- model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaur Rasyidin


§  Model pemilihan Kholifah Abu Bakar
§  Model pemilihan Kholifah Umar bin Khattab
§  Model pemilihan Kholifah Usman bin Affan
§  Model pemilihan Kholifah Ali bin Abi Thalib
·      Diskusi kelompok untuk mengkaji beberapa sumber atau literatur tentang model-model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaur Rasyidin
·      Menganalisis hasil kajian, sehingga ditemukan model-model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaur Rasyidin
·      Presentasi hasil diskusi kelompok
·      Secara individu, membuat essai singkat dari hasil diskusi.
2.1.1           Menjelaskan model pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah
2.1.2           Menjelaskan model pemilihan Umar bin Khattab sebagai khalifah 
2.1.3           Menjelaskan model pemilihan Usman bin Affan sebagai khalifah
2.1.4           Menjelaskan model pemilihan Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah
Jenis Tagihan:
Tugas individi
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

4 X 45

·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll
2.2. Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin

§  Strategi kepemimpinan Khalifah Abu Bakar
§  Strategi kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab
§  Strategi kepemimpinan Khalifah Usman bin Affan
§  Strategi kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib
·      Mengkaji beberapa sumber atau literatur tentang strategi kepemimpinan Khalifah Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib
·      Menganalisis hasil kajian, sehingga ditemukan strategi kepemimpinan Khalifah Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib
·      Secara individu membuat essai singkat dari hasil kajian
2.2.1           Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Abu Bakar
2.2.2           Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab
2.2.3           Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Usman bin Affan
2.2.4           Menjelaskan strategi kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 X 45

·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll
2.3. Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
§  Ibrah dari kepemimpinan Khalifah Abu Bakar untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
§  Ibrah dari kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab untuk kepen-tingan masa kini dan yang akan datang
§  Ibrah dari kepe-mimpinan Kha-lifah Usaman bin Affan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
§  Ibrah dari kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
·      Metode Snowbowling: (1) Sejumlah siswa dikelompokkan menjadi dua atau tiga siswa untuk mengkaji dan mencari jawaban tentang ibrah (pela-jaran) yang bisa diambil dari kepemim-pinan khalifah Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib untuk kepen-tingan masa kini dan yang akan datang; (2) Menggabungkan dua atau tiga siswa menjadi satu kelompok baru yang lebih besar untuk saling sharing dalam merumuskan jawaban baru; (3) presentasi hasil sharing.
2.3.1           Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Abu Bakar untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
2.3.2           Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari  kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
2.3.3           Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Usaman bin Affan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
2.3.4           Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 X 45

·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll


  Standar Kompetensi ( 3 )                 : Memahami perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M


Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran


Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ bahan/ Alat
3.1.Menjelaskan perkembangan Islam pada periode klasik




·      Faktor-faktor masuknya Islam di Andalusia
·      Proses masuknya Islam di Andalusia
·      Hasil-hasil usaha penyebaran Islam ke Andalusia
·      Membuat peta konsep tentang faktor-faktor masuknya Islam di Andalusia, proses masuknya Islam di Andalusia, hasil-hasil usaha penyebaran Islam ke Andalusia
·      Menulis dan menyusun dalam bentuk gambar, serta  menghubungkan konsep-konsep dengan garis dan memberi label tentang faktor-faktor masuknya Islam di Andalusia, proses masuknya Islam di Andalusia, hasil-hasil usaha penyebaran Islam ke Andalusia.
3.1.1           Menjelaskan faktor-faktor masuknya Islam di Andalusia
3.1.2           Menjelaskan proses masuknya Islam di Andalusia
3.1.3           Menunjukkan hasil-hasil usaha penyebaran Islam ke Andalusia


Jenis Tagihan:
Tugas individu

Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
4 X 45
·   Imam Subchi, Sejarah Kebudayaan Islam, utk MA kls XII,
·    Sejarah Kebudayaan Islam, utk kls XII MA,
·   Sejarah Kebudayaan Islam, Menjelajahi Peradaban Islam, utk MA kls XII,
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll
3.2. Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik


·      Bentuk-bentuk pemerintahan Bani Umayyah II di Andalusia
·      Kemajuan-kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains

·      para filosof dan ilmuwan terkenal pada masa Daulah Muwahhidun
·      Mengkaji beberapa sumber atau literatur tentang bentuk-bentuk pemerintahan Bani Umayyah II di Andalusia, contoh-contoh kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains, serta mengidentifikasi para filosof dan ilmuwan terkenal pada masa Daulah Muwahhidun
·      Diskusi kelompok dan diskusi kelas
·      Secara individu membuat essai singkat dari hasil diskusi
3.2.1           Menjelaskan bentuk-bentuk pemerintahan Bani Umayyah II di Andalusia
3.2.2           Menunjukkan contoh-contoh kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains
3.2.3           Mengidentifikasi para filosof dan ilmuwan terkenal pada masa Daulah Muwahhidun


Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
4 X 45
·   Imam Subchi, Sejarah Kebudayaan Islam, utk MA kls XII,
·    Sejarah Kebudayaan Islam, utk kls XII MA,
·   Sejarah Kebudayaan Islam, Menjelajahi Peradaban Islam, utk MA kls XII,
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll
3.3    Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang


-       Ibrah dari masuknya Islam di Andalusia
-       Ibrah dari kemajuan-kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains
-       Ibrah dari keruntuhan Daulah Umayyah II di Andalusia

·      Metode Snowbowling: (1) Sejumlah siswa dikelompokkan menjadi dua atau tiga siswa untuk mengkaji dan mencari jawaban tentang ibrah (pelajaran) yang bisa diambil dari masuknya Islam di Andalusia, kemajuan-kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains,  keruntuhan Daulah Umayyah II di Andalusia untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang; (2) Menggabungkan dua atau tiga siswa menjadi satu kelompok baru yang lebih besar untuk saling sharing dalam merumuskan jawaban baru; (3) presentasi hasil sharing.
3.3.1           Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari masuknya Islam di Andalusia
3.3.2           Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari kemajuan-kemajuan yang dicapai di bidang ilmu pendidikan dan sains
3.3.3           Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil  dari keruntuhan Daulah Umayyah II di Andalusia

Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 X 45
·   Imam Subchi, Sejarah Kebudayaan Islam, utk MA kls XII,
·    Sejarah Kebudayaan Islam, utk kls XII MA,
·   Sejarah Kebudayaan Islam, Menjelajahi Peradaban Islam, utk MA kls XII,
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll
3.4    Meneladani tokoh-tokoh yang  berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik
- Keteladanan para filosof dan ilmuwan pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun


·      Mensimulasikan keteladanan para filosof dan ilmuwan pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun
·      Menghubungkan ketekunan para filosof dan ilmuwan pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun dengan kehidupan sehari-hari.


3.4.1           Menunjukkan contoh sikap/sifat yang perlu diteladani dari para filosof terkenal pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun
3.4.2           Menunjukkan contoh sikap/sifat yang perlu diteladani dari para ilmuwan terkenal pada masa Daulah Umayyah II dan Muwahhidun
3.4.3           Meneladani ketekunan para filosof pada masa Daulah Uamyyah II dan Muwahhidun
3.4.4           Meneladani ketekunan para ilmuwan pada masa Daulah Uamyyah II dan Muwahhidun

Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 X 45
·   Imam Subchi, Sejarah Kebudayaan Islam, utk MA kls XII,
·    Sejarah Kebudayaan Islam, utk kls XII MA,
·   Sejarah Kebudayaan Islam, Menjelajahi Peradaban Islam, utk MA kls XII,
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll



   Standar Kompetensi ( 4 )                   : Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan / zaman kemunduran (1250 M–1800M)


Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran


Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ bahan/Alat
4.1.  Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan

Perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan
Tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan

·      Metode Snowbowling: (1) Sejumlah siswa dikelompokkan menjadi dua atau tiga siswa untuk mengkaji dan mencari jawaban tentang perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan, tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan; (2) Menggabungkan dua atau tiga siswa menjadi satu kelompok baru yang lebih besar untuk saling sharing dalam merumuskan jawaban baru; (3) presentasi hasil sharing.
4.1.1           Menjelaskan perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan
4.1.2           Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan



Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
4 X 45
·   Imam Subchi, Sejarah Kebudayaan Islam, utk MA kls XII,
·    Sejarah Kebudayaan Islam, utk kls XII MA,
·   Sejarah Kebudayaan Islam, Menjelajahi Peradaban Islam, utk MA kls XII,
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll
4.2.  Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan
Sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan
Contoh-contoh kemunduran Islam pada abad pertengahan
·      Mengkaji beberapa sumber atau literatur tentang sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan, contoh-contoh kemunduran Islam pada abad pertengahan
·      Diskusi kelompok dan diskusi kelas
·      Secara individu membuat essai singkat dari hasil diskusi.
4.2.1           Mengidentifikasi sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan
4.2.2           Menunjukkan contoh-contoh kemunduran Islam pada abad pertengahan
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 X 45
·   Imam Subchi, Sejarah Kebudayaan Islam, utk MA kls XII,
·    Sejarah Kebudayaan Islam, utk kls XII MA,
·   Sejarah Kebudayaan Islam, Menjelajahi Peradaban Islam, utk MA kls XII,
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll
4.3.  Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
·      Ibrah atau pelajaran yang bisa diambil dari perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan
·      Ibrah atau pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa kemunduran Islam pada abad pertengahan
§  Mendiskusikan dalam kelompok untuk menemukan ibrah dari perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban, serta peristiwa kemunduran Islam  pada abad pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
·      Presentasi hasil diskusi kelompok tentang ibrah dari perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban, serta peristiwa kemunduran Islam pada abad pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·      Secara individu, membuat essai singkat dari hasil diskusi.
4.3.1           Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban  pada abad pertengahan
4.3.2           Mengemukakan pendapat (dengan alasan) tentang pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa kemunduran Islam pada abad pertengahan
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan
2 X 45
·   Imam Subchi, Sejarah Kebudayaan Islam, utk MA kls XII,
·    Sejarah Kebudayaan Islam, utk kls XII MA,
·   Sejarah Kebudayaan Islam, Menjelajahi Peradaban Islam, utk MA kls XII,
·   Ensiklopedia Islam
·   Internet dan Intranet
·   Buku paket SKI yang relevan
·   LKS SKI
·   LCD
·   Laptop
·   dll

1 komentar:

  1. Best 5 slot machines in Texas - Wooricasinos
    Slot machines in Texas have a history in Texas casinos. Texas 헐리우드 노출 Holdem Poker is one of the most played table 하랑 도메인 games in 슬롯 나라 the world 호반 그래프 and can 토토 먹튀 offer a range of

    BalasHapus